Home > Iptek

Apa yang Terjadi Jika Bumi tidak Ada Hujan?

Jika Bumi tidak ada hujan, maka akan terjadi berbagai dampak yang sangat besar bagi kehidupan di Bumi.

Bumi tanpa hujan. Ada berbagai dampak yang akan terjadi jika Bumi tak ada hujan. Foto: Republika
Bumi tanpa hujan. Ada berbagai dampak yang akan terjadi jika Bumi tak ada hujan. Foto: Republika

Dampak yang Terjadi Jika Bumi tak Ada Hujan

Krisis Air Bersih

Hujan adalah sumber utama air bersih di Bumi. Hujan mengisi sungai, danau, dan waduk, yang kemudian menjadi sumber air bersih bagi manusia, hewan, dan tumbuhan. Tanpa hujan, maka pasokan air bersih akan berkurang drastis.

Saat ini, dunia sudah menghadapi krisis air bersih. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk perubahan iklim, polusi air, dan tingginya populasi manusia. Jika Bumi tidak ada hujan, maka krisis air bersih akan menjadi semakin parah.

Kekeringan

Hujan berperan dalam menyuburkan tanah dan tanaman. Hujan membantu tanah untuk menyerap air dan nutrisi, sehingga tanah menjadi subur dan tanaman dapat tumbuh dengan baik. Tanpa hujan, maka tanah akan menjadi kering dan gersang.

Kekeringan akan berdampak pada pertanian dan perkebunan. Tanaman pertanian akan sulit tumbuh dan menghasilkan panen yang baik. Hal ini akan menyebabkan kekurangan pangan dan kelaparan.

Perubahan iklim

Hujan berperan dalam mengatur suhu Bumi. Hujan membantu untuk mendinginkan Bumi dengan menyerap panas dari sinar matahari. Tanpa hujan, maka suhu Bumi akan meningkat.

Peningkatan suhu Bumi akan menyebabkan perubahan iklim. Hal ini akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan di Bumi, termasuk pertanian, perkebunan, dan kesehatan manusia.

Kesimpulannya, jika Bumi tidak ada hujan, maka akan terjadi berbagai dampak yang sangat besar bagi kehidupan di Bumi. Dampak-dampak tersebut antara lain krisis air bersih, kekeringan, dan perubahan iklim.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image