Home > Sekolah

Tiga Cara Agar Dana Pendidikan Anak tidak Tergerus Inflasi dan Aman di Masa Depan

Orang tua bisa berinvestasi lewat reksa dana, asuransi pendidikan, atau menabung.

Menurut dia, dana pendidikan perlu dipersiapkan jauh-jauh hari, tetapi jika hanya dengan menabung dengan jumlah yang sama setiap bulan, maka tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. Karena itu, investasi masih menjadi solusi menghadapi kenaikan inflasi sampai saat ini karena dalam investasi ada potensi imbal hasil yang nilainya lebih besar dari sekadar menabung.

Khusus untuk reksa dana, sebaiknya pilihlah yang sesuai profil investasi dengan menyesuaikan tujuan dan kapan hasil investasi reksa dana tersebut ingin dipakai dengan mengacu pada prinsip high return high risk, yakni keuntungan besar berbanding lurus dengan risiko yang besar. Pemula dapat mencoba berinvestasi di reksa dana pasar uang. Kelak, pengetahuan investasi dan kemampuan finansial bertambah, bisa mempertimbangkan jenis reksa dana lain untuk menyiapkan dana pendidikan.

BACA JUGA: Kemenag Buka Beasiswa Santri Berprestasi

Selain itu, asuransi pendidikan dapat juga menjadi pilihan menyiapkan dana pendidikan anak atau menjadi pelengkap berinvestasi karena instrumen ini tidak hanya membantu mengumpulkan dana, tetapi juga ada perlindungan jiwa. Yan yang menjabat sebagai Faculty Head Sequis Quality Empowerment, STAE, itu menyarankan orang tua untuk memilih asuransi pendidikan yang premi dan manfaatnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image