Home > Iptek

Berapa Dalam Lautan?

Titik terdalam di lautan ada di Palung Mariana yang mencapai 11 km.

3. Cekungan Samudra Hindia

Cekungan Samudra Hindia membentang dari pantai timur Afrika hingga pulau Tasmania di Australia. Cekungan Samudra Hindia berada di posisi ketiga yang mencakup lebih dari 20% luas Bumi dengan kedalaman rata-rata 3.741 m dan membentang lebih dari 1.000 km.

4. Cekungan Samudra Atlantik

Cekungan Samudra Atlantik meliputi seperenam belas dari total luas samudra. Memiliki luas permukaan kurang lebih 21 juta km persegi dan kedalaman rata-ratanya ialah 3.270 m dengan titik terdalam 7.433 menjadikan cekungan Samudra Atlantik yang terbesar keempat di dunia.

BACA JUGA: Kenapa Tinta Pemilu Berwarna Ungu?

5. Cekungan Samudra Arktik

Posisi terakhir ditempati Cekungan Samudra Arktik. Cekungan ini juga menjadi yang terdingin dan terdangkal. Titik terdalam dalam cekungan ini mencapai 5.502 meter tetapi rata-rata kedalamannya hanya 987 m.

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

× Image