Home > Iptek

Mengapa Air Laut Rasanya Asin, Apakah Gara-Gara Ikan Berkeringat? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Air laut memiliki rasa asin didapatkan dari proses alami yang kompleks.

Namun salinitas atau tingkat keasinan air laut yang tinggi dapat berdampak buruk dan merugikan bagi lingkungan dan manusia. Empat kerugian dari salinitasi adalah:

1. Kerusakan ekosistem

Salinitas yang tinggi dapat merusak ekosistem laut. Selain itu salinitasi juga bisa mengganggu keseimbangan biologis dan mengancam keberlangsungan hidup berbagai spesies seperti ikan dan karang.

2. Pencemaran air

Tingkat kasinan air laut yang tinggi dapat disebabkan oleh limbah dan bahan kimia berbahaya yang dibuang ke laut. Selain memperburuk keadaan lingkungan laut pembuangan limbah dan bahan kimi berbahaya juga dapat mempengaruhi kesehatan jika ikan atau makanan laut yang terpapar asin dari limbah dan bahan kimia dikonsumsi manusia.

3. Gangguan pada industri perikanan dan pariwisata

Salinitas dapat mempengaruhi kesehatan ikan dan mengurangi hasil tangkapan nelayan. Sebagai industri yang penting bagi perekonomian, hal ini dapat berdampak besar pada pendapatan dan penghidupan nelayan serta industri pariwisata yang bergantung pada keindahan alam laut.

4. Kesulitan akses air tawar

Air laut yang asin sulit diminum atau digunakan untuk keperluan hidup sehari-hari seperti mandi dan mencuci. Tingkat keasinan yang tinggi dapat mengurangi ketersediaan air tawar bagi masyarakat yang tinggal di sekitar perairan laut.

Meskipun air laut asin, ia memainkan peran penting dalam ekosistem bumi. Garam dalam air laut memengaruhi suhu, kepadatan, dan sirkulasi samudra yang pada akhirnya juga memengaruhi iklim.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image