Home > Trend

Sekali Bentak Anak, 10 Triliun Sel Otaknya Rusak, Sekali Beri Pelukan 10 Triliun Sel Kecerdasan Tumb

Satu cubitan mampu membunuh lebih dari 10 miliar sel otak.
Memeluk anak. Sumber:Republika
Memeluk anak. Sumber:Republika

KIDSNEWS.ID, Hai Kids -- Di setiap kepala anak terdapat lebih dari 10 triliun sel otak yang siap tumbuh. Karena itu, orang tua diimbau tidak membentak anak-anaknya untuk mencegah kerusakan sel.

"Satu bentakan atau makian mampu membunuh lebih dari satu miliar sel otak saat itu juga. Satu cubitan mampu membunuh lebih dari 10 miliar sel otak," kata Kementerian Perekonomian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Bidang Peningkatan Kesehatan Tubagus Rachmat Sentika, seperti dinukil dari pemberitaan Republika.

Hal sebaliknya terjadi ketika anak diberikan pujian atau pelukan, maka akan membangun kecerdasan lebih dari 10 triliun sel otak saat itu juga. Berdasarkan hasil penelitian Lise Eliot, anak yang masih dalam pertumbuhan otaknya, yakni usia 2-3 tahun maka satu bentakan dari ibunya bisa menggugurkan sel otak yang sedang tumbuh.

"Namun kalau ibu memberikan belaian lembut sambil memberikan ASI, maka rangkaian otak akan tumbuh dengan baik. Penelitian Lise Eliot ini dilakukan pada anaknya dengan memasang kabel perekam otak yang dihubungkan pada monitor komputer," ucapnya.

Imbas marah kepada anak menurut penelitian tersebut sangat mempengaruhi perkembangan otak mereka. Karena itu, jika marah kepada anak tak terkendali bisa mengganggu struktur otak. "Makanya hentikan caci maki dan bentakan pada anak. Hal itu bisa merusak otak," ujarnya.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image