Home > Trend

Kenapa Tinta Pemilu Berwarna Ungu?

Tinta yang dipakai dalam Pemilu harus bersertifikasi dan dinyatakan aman digunakan serta halal.

INDONESIA PAKAI TINTA PADA PEMILU 1999

Di Indonesia penggunaan tinta dalam Pemilu dimulai sejak Pemilu 1999. Saat itu Pemilu DPR dan DPRD digelar serentak pada 7 Juni 1999 untuk memilih 462 anggota DPRD dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota) se-Indonesia periode 1999-2004.

Pemilu 1999 adalah yang pertama kali digelar di Indonesia sejak runtuhnya Orde Baru dan juga yang terakhir kalinya diikuti oleh Provinsi Timor Timur. Sebanyak 48 partai politik, yang mencakup hampir semua spektrum arah politik (kecuali komunisme yang dilarang di Indonesia) ikut dalam Pemilu 1999.

BACA JUGA: Tips Menjaga Kebersihan Botol dan Dot Bayi Agar Bebas Bakteri

Pemilihan Umum ini seharusnya diselenggarakan pada tahun 2002, tetapi atas desakan publik untuk mengadakan reformasi serta mengganti anggota-anggota parlemen yang berkaitan dengan Orde Baru, maka pemilihan umum dipercepat dari tahun 2002 ke tahun 1999 oleh pemerintah waktu itu.

Pemilihan Presiden (Pilpres) dipilih secara langsung oleh rakyat digelar untuk kali pertama pascaruntuhnya Orde Baru digelar pada 2004. Pada Pilpres 2004 maju dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, Megawati Soekarnoputri-KH Hasyim Muzadi melawan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla. Paslon SBY-JK keluar sebagai pemenang pada Pilpres 2004.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image