Home > Trend

Cara Cegah Penyakit Jantung: Jauhi Rokok, Rutin Olahraga, dan Diet Sehat

Anak-anak muda disarankan menerapkan gaya hidup sehat mereka melalui kegiatan-kegiatan positif.

Tekan Penyakit Jantung

Yayasan Jantung Indonesia (YJI), memandang pentingnya kolaborasi yang efektif antara masyarakat dan pemerintah. Tujuan kolaborasi tersebut untuk menekan prevalensi penyakit jantung terutama pada usia produktif salah satunya melalui pemeriksaan kesehatan rutin.

"Program Yayasan Jantung Indonesia adalah mengajak generasi millennial untuk menjadi agen-agen perubahan di bidang kesehatan jantung sehingga bisa menjadi smart influencer untuk lingkungan keluarganya, lingkungan tempat kerja, lingkungan tempat tinggal atau lingkungan sekolah baik melalui media virtual maupun tradisional," kata Ketua Umum YJI, Esti Nurjadin.

Kementerian Kesehatan pada 2013 mengestimasi sebanyak 39 persen penderita jantung di tanah air berusia kurang dari 44 tahun. Dari jumlah itu, sebanyak 22 persen di antaranya berusia 15–35 tahun, yang tergolong usia produktif. Sementara itu, jumlah penderita jantung tertinggi ada pada kelompok usia 45–65 tahun dengan persentasenya sebanyak 41 persen.

Lima tahun berikutnya, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2018 memperlihatkan, angka prevalensi penyakit jantung di Indonesia berdasarkan diagnosis dokter mencapai 1,5 persen dari total penduduk. Setidaknya, sebanyak 15 dari 1.000 orang atau sekitar 2,7 juta individu menderita penyakit jantung.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image