Home > Iptek

Ujung Dunia Ada di Mana?

Ujung dunia paling utara adalah titik daratan paling utara di Bumi, yaitu pulau Oodaaq di Greenland.

Ilustrasi Ujung Dunia. Bumi berbentuk bulat, tetapi apakah bumi memiliki ujung?
Ilustrasi Ujung Dunia. Bumi berbentuk bulat, tetapi apakah bumi memiliki ujung?

Di Mana Ujung Dunia?

3. Ujung dunia paling barat adalah titik daratan paling barat di Bumi, yaitu Tanjung Dezhnev di Rusia. Tanjung ini terletak pada koordinat 169°40′00″BB, 66°00′00″LU.

Tanjung Dezhnev di Rusia dinamai dari penjelajah Rusia, Semyon Dezhnev, yang menjadi orang Eropa pertama yang melihat tanjung ini pada tahun 1648. Tanjung ini merupakan titik pertemuan antara Laut Bering dan Samudra Arktik.

BACA JUGA: Berapa Derajat Panas Suhu Matahari?

4. Ujung dunia paling timur adalah titik daratan paling timur di Bumi, yaitu Tanjung Reinga di Selandia Baru. Tanjung ini terletak pada koordinat 172°10′00″BT, 34°47′00″S.

Tanjung Reinga di Selandia Baru merupakan titik pertemuan antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Tanjung ini merupakan tempat yang suci bagi masyarakat Maori.

Selain definisi geografis, ujung dunia juga dapat didefinisikan sebagai titik di mana atmosfer Bumi berakhir dan antariksa dimulai. Batas teoretis antara atmosfer Bumi dan antariksa disebut sebagai Garis Karman yang terletak ketinggian sekitar 100 kilometer di atas permukaan Bumi.

BACA JUGA: Eugene Shoemaker, Satu-satunya Manusia yang Dimakamkan di Bulan

Jadi jawaban di mana letaknya ujung dunia adalah tergantung pada bagaimana kita mendefinisikannya. Secara geografis, ujung dunia adalah titik paling utara, paling selatan, paling barat, atau paling timur di Bumi. Namun, jika kita mendefinisikannya sebagai titik di mana atmosfer Bumi berakhir dan antariksa dimulai, maka jawabannya adalah Garis Karman.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image