Home > Iptek

Ujung Dunia Ada di Mana?

Ujung dunia paling utara adalah titik daratan paling utara di Bumi, yaitu pulau Oodaaq di Greenland.
Ilustrasi Ujung Dunia. Bumi berbentuk bulat, tetapi apakah bumi memiliki ujung?
Ilustrasi Ujung Dunia. Bumi berbentuk bulat, tetapi apakah bumi memiliki ujung?

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Sepanjang pengetahuan bumi berbentuk bulat, tetapi di mana letaknya ujung dunia? Ujung dunia adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan suatu tempat yang berada di luar batas pengetahuan atau pemahaman kita. Namun, secara geografis, ujung dunia dapat didefinisikan sebagai titik paling utara, paling selatan, paling barat, atau paling timur di Bumi.

Jika ujung dunia diartikan secara geografis dan mendefinisikan ujung dunia sebagai titik paling utara, paling selatan, paling barat, atau paling timur di Bumi, maka berikut penjelasannya:

BACA JUGA: 5 Bahaya Bermain Game Online untuk Anak-Anak, Orang Tua Perlu Tahu

1. Ujung dunia paling utara adalah titik daratan paling utara di Bumi, yaitu pulau Oodaaq di Greenland. Pulau ini terletak pada koordinat 83°40′44″LU, 20°27′00″BB. Pulau ini ditemukan pada tahun 2021 oleh para peneliti dari Universitas Kopenhagen.

Pulau ini sebelumnya diperkirakan merupakan bagian dari pulau Pulau Kaffeklubben. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa kedua pulau tersebut terpisah oleh selat yang sempit.

2. Ujung dunia paling selatan adalah titik daratan paling selatan di Bumi, yaitu stasiun penelitian Amundsen-Scott di Kutub Selatan. Stasiun ini terletak pada koordinat 90° LU, 0° BB.

Stasiun penelitian Amundsen-Scott di Kutub Selatan didirikan pada tahun 1956 oleh Amerika Serikat. Stasiun ini merupakan salah satu stasiun penelitian kutub paling terpencil di dunia.

BACA JUGA: Apa yang Terjadi Jika Bumi tidak Ada Hujan?

Ujung dunia paling barat dan timur adalah...

× Image