Home > Iptek

Apa yang akan Terjadi Jika Bumi tak Punya Gaya Gravitasi?

Keberadaan gravitasi membuat semua benda berpijak ke tanah.

 Bumi. Ada beberapa hal yang akan terjadi jika bumi tidak memiliki gaya gravitasi. Foto: Dok Republika
Bumi. Ada beberapa hal yang akan terjadi jika bumi tidak memiliki gaya gravitasi. Foto: Dok Republika

3. Rotasi Bumi

Gaya gravitasi khususnya di bumi berfungsi untuk rotasi dan revolusi. Bumi berputar pada porosnya sendiri dengan rotasi bumi sekitar sekali setiap 24 jam, atau tepatnya setiap 23 jam, 56 menit dan 4 detik. Revolusi Bumi atau Bumi mengelilingi Matahari memiliki kecepatan sekitar 67.000 mil per jam atau 110.000 kilometer per jam.

Terjadinya rotasi dan revolusi Bumi ini dipengaruhi oleh gravitasi matahari dan bumi. Gravitasi bumi ini akan menjaga bumi selalu berputar pada porosnya.

4. Hukum Fisika Berubah

Seperti kita ketahui, gravitasi bumi pertama kali ditemukan Sir Isaac Newton yang berkembang menjadi teori relativitas yang diciptakan Albert Einstein. Jika bumi kehilangan gaya gravitasinya maka kedua hukum tersebut akan berubah mengikuti perubahan ruang dan waktu.

BACA JUGA: Apa Itu Planet dan Mengapa Pluto tak Bisa Disebut Planet?

5. Atmosfer Hilang

Hilangnya gaya gravitasi membuat atmosfer juga menghilang. Gravitasi sangat diperlukan untuk menarik udara, gas, dan atmosfer yang ada di bumi, sehingga jika gravitasi tersebut hilang, maka tidak ada udara, gas, dan atmosfer yang melindungi planet.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image