Home > Iptek

Bagaimana Cara Ikan Tidur?

Kebanyakan ikan tidur di malam hari dan beraktivitas pada siang hari.

 Ikan Tidur. Ikan tidak tidur terlelap tetapi setengah sadar. Foto; Republika
Ikan Tidur. Ikan tidak tidur terlelap tetapi setengah sadar. Foto; Republika

Cara dan Waktu Ikan Tidur

Jika kamu perhatikan, ikan yang hidup di kolam atau akuarium yang tidak memiliki ombak, mereka akan tidur dengan cara melayangkan tubuhnya di dalam air. Namun, jika di laut mereka akan mencari terumbu karang sebagai tempat tidur.

Sama seperti manusia, umumnya sebagian besar ikan memiliki sifat diurnal yaitu melakukan aktivitas di siang hari dan tidur ketika malam hari. Alasannya karena ketika siang hari pasokan sinar matahari menjadi penerang ikan untuk mencari makan. Sementara hewan nokturnal tidur di siang hari dan aktif di malam hari, contohnya adalah kelelawar.

Beberapa ikan juga bisa tidur hanya waktu-waktu tertentu. Seperti saat sedang migrasi.

BACA JUGA: Mengapa Langit Berwarna Biru dan Saat Senja Berubah Menjadi Jingga?

Kamu bisa mengamati waktu ikan sedang tidur. Ada beberapa ciri, pertama jeda gerakan ikan ketika berenang lebih teratur, terutama pada saat-saat tertentu. Ikan yang sedang tidur tidak aktif dalam waktu lama.

Selain itu, ikan yang tidur kepekaannya pada stimulan luar menjadi menurun. Dan ikan akan dalam posisi tenang seperti sedang istirahat.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image