Home > Trend

Lebih Banyak Ikan di Laut atau Bintang di Langit?

Abu Nawas mengungkapkan mana yang lebih banyak ikan di laut atau bintang di langit.
Bintang di langit. Lebih banyak mana ikan di laut atau bintang di langit?
Bintang di langit. Lebih banyak mana ikan di laut atau bintang di langit?

REPUBLIKA KIDS -- Hai Kids... Entah berapa banyak ikan di laut dijaring setiap harinya, tetapi ikan di laut tidak pernah ada habisnya. Sementara di langit bintang gemintang yang bersinar terang setiap malamnya seakan tak terhitung jumlahnya. Karena itu ada pertanyaan lebih banyak mana ikan di laut atau bintang di langit?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita bisa merujuk kepada kisah Abu Nawas. Pertanyaan itu ternyata pernah diberikan Raja Harun Ar-Rasyid kepada Abu Nawas.

"Wahai Abu Nawas, manakah yang lebih banyak jumlahnya: bintang-bintang di langit ataukah ikan-ikan di laut?" tanya Raja Harun Ar-Rasyid.

BACA JUGA: Kenapa Tinta Pemilu Berwarna Ungu?

Raja Harun Ar-Rasyid memang kerap memberikan pertanyaan nyeleneh kepada Abu Nawas. Namun Abu Nawas selalu memiliki jawaban yang membuat sang raja puas.

"Ikan-ikan di laut," jawab Abu Nawas.

BACA JUGA: Berapakah Usia Bumi?

Baginda raja yang tak puas pun kembali mengejar dengan pertanyaan. "Bagaimana kamu bisa langsung memberikan jawaban begitu, apakah kamu pernah menghitung jumlah mereka?" tanya Baginda.

"Paduka yang mulia, ikan-ikan di laut setiap hari ditangkapi dalam jumlah besar oleh banyak orang. Tetapi jumlah mereka tetap banyak, seolah-olah tidak pernah berkurang,” kata Abu Nawas menjelaskan.

BACA JUGA: Bolehkah Perempuan Berdandan, Memakai Minyak Wangi dan Celak?

“Lalu dengan bintang-bintang di langit?” tanya Raja Ar-Rasyid lagi.

“Jumlah mereka juga banyak, tapi bintang-bintang di langit tidak pernah ditangkapi dan tidak pernah diambili, makanya jumlah mereka tidak pernah berkurang," kata Abu Nawas.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image