Home > Sekolah

Doa Agar Anak Terhindar dari Bullying Seperti di SMA Binus Serpong yang Diduga Libatkan Anak Vincent

Nama Vincent terseret gara-gara pelaku bullying di sekolah tersebut diduga adalah anaknya yang mengarah ke penganiayaan berat.
 Vincent Rompies. Presenter Vincent Rompies trending karena anaknya diduga terlibat aksi bullying di SMA Binus Serpong (Binus International School). Foto: Republika
Vincent Rompies. Presenter Vincent Rompies trending karena anaknya diduga terlibat aksi bullying di SMA Binus Serpong (Binus International School). Foto: Republika

REPUBLIKA KIDS -- Hai Kids... Presenter Vincent Rompies menjadi trending di Twitter (X) lantaran kasus pembullyan di Binus International School. Nama Vincent terseret gara-gara pelaku bullying di sekolah tersebut diduga adalah anaknya yang mengarah ke penganiayaan berat. Agar anak-anak terhindar atau menjadi korban bullying, orang tua bisa mengajarkan doa untuk mendapatkan perlindungan dari Allah.

Seperti dinukil dari Republika, ada sejumlah sejumlah riwayat hadits yang berisi tentang bacaan doa yang dapat diajarkan oleh orang tua kepada anak-anak mereka. Doa-doa tersebut agar anak-anak terlindungi dari berbagai bahaya dan kejahatan serta agar mereka tumbuh menjadi individu yang baik dan beriman.

BACA JUGA: Tips Memilih Hijab untuk Ibu-Ibu Agar Nyaman Dipakai Seharian

Salah satu doa yang bisa diajarkan orang tua kepada anak untuk melindunginya dari segala bentuk kejahatan atau keburukan, termasuk dalam hal ini bullying (perundungan), adalah hadits yang diriwayatkan dari kakek Amr bin Syu'aib, sebagaimana berikut ini.

- أنَّ رسولَ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ كانَ يعلِّمُهم منَ الفزعِ أعوذُ بِكلماتِ اللَّهِ التَّامَّة من غضبِه وعقابِه وشرِّ عبادِه ومن همزاتِ الشَّياطينِ وأن يحضرونِ فإنَّها لن تضرَّهُ وَكانَ عبدُ اللَّهِ بنُ عمرٍو رضيَ اللَّهُ عنهُ يعلِّمُها من بلغَ من ولدِه ومن لم يبلغ منهم كتبَها في صَكِّ ثمَّ علَّقَها في عنقِهِ

"Rasulullah SAW biasa mengajarkan (cara berlindung) dari rasa khawatir (atau ketakutan atau cemas), dengan kalimat doa berikut ini:

أَعُوذُ بِكَلمَاتِ اللَّـهِ التَّامَّةِ، مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ، وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ، وَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ، وَ أَنْ يَحْضُرُونِ

A'uudzu bikalimaa tillaa hit-taammati min ghodobihi wa 'iqoobihi, wa min syarri 'ibaadihi, wa min hamazaatisy syayaathiini, wa an yahdhuruun.

"Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna, dari murka dan siksa-Nya, kejahatan para hamba-Nya, godaan atau bisikan setan dan dari kepungan atau kehadiran setan itu."

BACA JUGA: Lebih Banyak Ikan di Laut atau Bintang di Langit?

Sungguh doa tersebut tidak akan mendatangkan bahaya atau kerusakan. Abdullah bin Amr biasa mengajarkan doa tersebut kepada anak-anaknya yang telah baligh. Untuk anaknya yang belum baligh, dia menuliskan kalimat doa tersebut, lalu digantungkan di leher (anaknya)." (Hadits ini ditakhrij Ibnu Hajar Al Asqolani dalam kitabnya Hidayah Al Ruwah)

Dari hadits tersebut, diketahui bahwa Abdullah bin Amr dahulu mengajarkan anaknya yang sudah baligh untuk senantiasa membaca doa tersebut supaya mendapat perlindungan Allah SWT saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Adapun bagi anaknya yang belum baligh, bacaan doa tersebut dituliskan oleh Abdullah bin Amar, lalu digantungkan di leher anaknya.

BACA JUGA: Kenapa Tinta Pemilu Berwarna Ungu?

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image