Home > Sekolah

Apa Arti Peribahasa Air Susu Dibalas Air Tuba yang Disebut Pak Prabowo Subianto?

Peribahasa air susu dibalas air tuba bisa diartikan sebagai kebaikan dibalas dengan kejahatan.
Prabowo Subianto. Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menyebutkan peribahasa air susu dibalas air tuba yang diduga untuk menyindir Capres Anies Baswedan. Foto: Dok Republika.
Prabowo Subianto. Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menyebutkan peribahasa air susu dibalas air tuba yang diduga untuk menyindir Capres Anies Baswedan. Foto: Dok Republika.

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Ucapan calon presiden Prabowo Subianto tentang peribahasa "air susu dibalas dengan air tuba" ramai dibicarakan di media sosial. Pencarian di Google pun tinggi, lantas apa sih arti peribahasa air susu dibalas air tuba?

Ucapan yang disebutkan Prabowo adalah sebuah peribahasa. Menurut KBBI, arti peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu, dalam peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, perumpamaan). Peribahasa juga bisa dipahami sebagai ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku.

Peribahasa memiliki sejumlah ciri-ciri. Pertama struktur susunan-nya tetap yang memiliki arti kata-kata yang dalam peribahasa sudah pasti dan tidak dapat diubah. Kedua, peribahasa dibentuk dengan ikatan bahasa yang padat dan indah sehingga akan melekat di masyarakat hingga turun temurun.

BACA JUGA: KJP Plus 2024: Berapa Besaran Dana yang Didapat Siswa?

Ciri-ciri ketiga peribahasa adalah kata-kata yang dipakai teratur, enak didengar dan mempunyai makna. Keempat dibuat atau diciptakan berdasarkan pandangan dan perbandingan yang sangat teliti terhadap alam dan peristiwa yang terjadi dalam masyarakat.

Ciri kelima peribahasa biasanya digunakan untuk menyindir atau memperindah bahasa. Peribahasa "air susu dibalas air tuba" masuk kategori untuk menyindir.

Dalam KBBI dijelaskan arti atau maksud dari air susu dibalas air tuba adalah perbuatan baik terhadap seseorang dibalas dengan perbuatan jahat. Arti lain dari peribahasa tersebut adalah kebaikan dibalas dengan kejahatan.

BACA JUGA: Berapa Derajat Panas Suhu Matahari?

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image