Home > Trend

Ibu Hamil dan Menyusui Bolehkah Puasa Ramadhan?

Ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan ikut berpuasa pada Ramadhan.
Ibu hamil. Apakah ibu hamil dan menyusui boleh puasa Ramadhan?
Ibu hamil. Apakah ibu hamil dan menyusui boleh puasa Ramadhan?

REPUBLIKA KIDS -- Hai Kids... Ramadhan adalah bulan untuk umat Muslim panen pahala. Namun, ada beberapa orang yang diperbolehkan tidak berpuasa pada bulan Ramadhan karena satu alasan tertentu, termasuk ibu hamil dan menyusui. Lalu bagaimana dalam pandangan kesehatan?

Dokter spesialis kandungan dari Universitas Padjajaran dr Boy Abidin menyarankan ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan ikut berpuasa pada Ramadhan. Sebab ada sejumlah kondisi yang membuat ibu hamil sebaiknya tidak berpuasa.

"Konsultasi dulu dengan dokternya apakah boleh berpuasa. Kalau kondisi ibunya baik, bayinya baik, silakan untuk berpuasa," kata dia seperti dinukil dari Republika.co.id.

BACA JUGA: Tips Aman dan Sehat Berolahraga Saat Puasa Ramadhan

Menurut Boy, beberapa kondisi tertentu yang membuat ibu hamil sebaiknya tidak berpuasa antara lain janin yang dikandungnya tidak berkembang dengan optimal, mengalami preeklamsia atau tekanan darah tinggi saat hamil, kekurangan cairan ketuban, hingga masalah di lambung atau saluran pencernaan. "Kalau dipaksakan, ibu bisa pingsan. Selain itu juga akan berbahaya bagi janinnya," ujar Anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) itu.

Jika sudah berkonsultasi dan diperbolehkan ikut berpuasa, Boy menyarankan ibu hamil mengonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur. "Kalau sahur, makanannya karbohidrat yang kompleks. Kompleks itu artinya tidak terasa manis di lidah kita tapi mengandung karbohidrat yang cukup tinggi," kata dia.

BACA JUGA: Jangan Sering Melarang Anak, Biarkan Mereka Mengeksplorasi

Karbohidrat kompleks memiliki waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh, sehingga dapat menjaga kebutuhan energi selama berpuasa. Contohnya seperti nasi, ubi, mie, gandum, kentang, jagung, kacang merah, brokoli, pisang, dan buncis.

"Jadi jangan makan yang manis-manis saat sahur, karena nanti akan cepat terbuang. Kalau berbuka puasa ya biasa lah makan yang manis-manis yang disukai, yang penting gizinya bagus dan terpenuhi, seperti asam folat dan zat besi bisa dari mana saja termasuk susu," kata Boy.

Ibu hamil juga disarankan mengonsumsi makanan berserat tinggi, alasannya...

× Image