Home > Trend

Cara Mudah Ajarkan Anak-Anak Puasa Ramadhan

Pemahaman pada anak akan terjadi bukan dengan menasehati atau mendoktrin.
Melatih anak puasa Ramadhan.
Melatih anak puasa Ramadhan.

REPUBLIKA KIDS -- Hai Kids... Ada sejumlah langkah yang perlu dilakukan para orang tua melatih anak-anak berpuasa pada bulan Ramadhan. Menurut Psikolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Novi Poespita Candra, S.Psi., M.Si., Ph.D., salah satu caranya dengan memberikan pemahaman terkait makna puasa.

"Cara mempersiapkan anak berpuasa adalah dengan mendiskusikan terlebih dahulu dengan anak kita mengapa puasa itu harus dilakukan. Pemahaman pada anak akan terjadi bukan dengan menasehati atau mendoktrin," kata dia seperti dinukil dari Antara.

BACA JUGA: Tips Aman dan Sehat Berolahraga Saat Puasa Ramadhan

Ia menjelaskan, anak-anak perlu diberikan pemahaman terkait makna puasa, berikut dengan keutamaan serta manfaat jika melakukan puasa, termasuk beberapa manfaat seperti kesehatan, mengendalikan diri, dan lainnya. Selain itu, anak-anak diarahkan ke kesadaran bahwa momentum puasa di bulan suci Ramadan juga bermanfaat bagi orang lain, misalnya belajar melakukan kebaikan-kebaikan sederhana dengan bersedekah.

Selanjutnya, orang tua diimbau untuk membuka dialog dengan putra-putrinya guna membahas kesepakatan apakah mereka ingin mencoba puasa bersama-sama. Hingga kesepakatan terkait waktu berpuasa, apakah berpuasa penuh, setengah hari, atau yang lainnya.

"Ketika kesepakatan sudah terjalin, buat semacam perayaan sederhana dalam menyambut Ramadhan agar anak-anak merasa bahwa momentum ini adalah momentum yang menantang untuk dicoba," ujarnya.

BACA JUGA: Cara Mudah Temukan Passion dan Bakat pada Anak

× Image