Home > Trend

Cara Mudah Temukan Passion dan Bakat pada Anak

Carilah waktu yang tepat ketika orang tua sudah lebih leluasa untuk mencurahkan perhatian untuk anak, saat beban pekerjaan lainnya sudah terasa ringan.
Anak Bermain. Sesi bermain yang efektif dapat mendorong imajinasi dan kreativitas, mendorong perkembangan sosial dan emosional, meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikas.
Anak Bermain. Sesi bermain yang efektif dapat mendorong imajinasi dan kreativitas, mendorong perkembangan sosial dan emosional, meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikas.

REPUBLIKA KIDS -- Hai Kids... Orang tua pasti ingin mendukung setiap minat, bakat, dan passion anak-anaknya. Apalagi jika bisa mengembangkan itu semua. Cara mudah mengetahui minat anak adalah dengan mengamati buah hati saat bermain leluasa sesuka hati tanpa aturan saklek.

"Kalau dikaitkan dengan passion dan bakat, paling mudah digali dari bermain dibandingkan dengan cara mengobrol, terutama saat anak masih kecil," kata psikolog Putu Andani seperti dinukil dari Antara.

BACA JUGA: Jika Bulan Hancur, Bagaimana Nasib Bumi?

Sesi bermain yang efektif dapat mendorong imajinasi dan kreativitas, mendorong perkembangan sosial dan emosional, meningkatkan kemampuan berbahasa dan komunikasi, mengembangkan kemampuan berpikir, belajar, memecahkan masalah, dan dapat meningkatkan perkembangan fisik. Dia menjelaskan, ketika anak bermain dan merasa aman serta nyaman, mereka bisa menyalurkan berbagai emosi, begitu juga ide yang ada di dalam kepalanya.

"Kreativitas mereka akan mengalir bebas, terutama bila orang tua menerapkan free play, yakni konsep bermain di mana anak yang memegang kontrol. Orang tua harus menahan diri untuk tidak memberikan arahan atau instruksi," ucap dia.

BACA JUGA: Kenapa Pesawat Bisa Terbang di Udara?

Sebagai contoh, anak memilih untuk merakit sebuah mobil. Tahan diri untuk berkomentar ketika melihat anak membuat mobil hanya dengan tiga roda, bukan empat seperti mobil pada umumnya. Tunggu dan amati apa ide yang sedang tersalur dari kepalanya.

"Bila idenya disanggah, dikhawatirkan gagasan yang sudah dipikirkan anak jadi menguap. Dengan melihat bagaimana anak bermain kala dibebaskan, orang tua bisa belajar memahami ke mana arah minat dan bakat sang buah hati," ujar dia.

Ajak anak-anak free play

× Image