Home > Sekolah

Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS Baru Sekadar Usulan, Ini Penjelasan Wapres

Program makan siang gratis yang dijalankan oleh pemerintah selanjutnya menggunakan APBN Tahun 2025.
Wapres KH Ma'ruf Amin.
Wapres KH Ma'ruf Amin.

REPUBLIKA KIDS -- Hai Kids... Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyatakan penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Program Makan Siang Gratis belum menjadi keputusan yang ditetapkan pemerintah saat ini.

"Itu saya kira yang mungkin muncul saja, bukan dari keputusan pemerintah yang sudah menetapkan ini. Saya kira belum. Istilahnya baru bahwa perlu diantisipasi, secara umum saja," kata Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan keterangan usai meresmikan BLK Komunitas Tahun 2024 di Tangerang, Banten, Kamis.

Wapres Ma'ruf menjelaskan program makan siang gratis yang dijalankan pemerintah selanjutnya menggunakan APBN Tahun 2025. Namun, penyusunan APBN Tahun 2025 dilakukan oleh pemerintahan saat ini, yakni pada kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin.

BACA JUGA: Agak Laen, Pj Gubernur Heru Cabut KJP Plus dan KJMU, Ternyata Ini Alasannya

Menurut Wapres, Presiden Jokowi belum secara spesifik menetapkan anggaran program makan siang gratis. Apalagi sumber dana untuk pelaksanaan program tersebut.

Wapres menilai wacana penggunaan dana BOS untuk program makan siang gratis itu muncul sebagai bentuk antisipasi pemerintah terhadap program-program pemerintah selanjutnya. Dia berkata, pemerintah mengantisipasi apa-apa yang menjadi program daripada pemerintah yang akan datang itu.

"Itu baru nanti akan dimasukkan yang mana, itu belum spesifik, kata Presiden kan belum spesifik masuk, seperti makan siang, atau ini atau itu belum, apalagi sampai kepada dananya dari mana itu belum," kata Wapres Ma'ruf.

BACA JUGA: Benarkah KJP Plus dan KJMU untuk Siswa dan Mahasiswa tak Mampu?

Penggunaan dana BOS baru sekadar usulan...

× Image