Home > Iptek

6 Tips Agar Akun Facebook dan Instagram tak Mudah Dicuri Orang

Salah satu tips agar medsos tak mudah dicuri adalah menggunakan password yang sulit ditebak.
Instagram dan Facebook. Ada enam tips agar akun media sosial tak gampang dicuri orang. Foto: Republika.
Instagram dan Facebook. Ada enam tips agar akun media sosial tak gampang dicuri orang. Foto: Republika.

REPUBLIKA KIDS -- Hai Kids... Para orang tua harus lebih waspada terhadap pencurian data di media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Tak hanya akun pribadi, anak-anak yang diizinkan memiliki akun media sosial juga perlu pemantauan. Karena itu ada enam tips dari Meta agar akun Facebook atau Instagram tak mudah dicuri orang.

"Kami mendorong orang-orang untuk mengecek setelan privasi mereka," kata Privacy and Public Policy Manager Facebook Asia Pasifik, Arianne Jimenez, saat bertemu media di Jakarta.

BACA JUGA: Lebih Banyak Ikan di Laut atau Bintang di Langit?

Pengguna Facebook dan Instagram, sebaiknya memahami panduan dan alat-alat yang disediakan oleh platform tersebut agar akun media sosial mereka terlindungi. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan agar pengguna bisa melindungi privasi akun:

1. Password
Jangan menggunakan password atau kata kunci yang sama untuk beberapa akun media sosial, termasuk akun email. Buat kata kunci minimal enam karakter dan sulit ditebak, jangan gunakan nama atau identitas dalam kata sandi.

Gunakan kombinasi angka, huruf dan tanda baca. Setelah itu, jangan pernah membagikan kata kunci kepada siapa pun.

2. Jangan Asal Klik Alamat URL
Cek situs URL yang akan dibuka, pelaku kejahatan siber sering kali membuat website palsu dengan alamat yang mirip dengan situs resmi. Meski pun menerima tautan atau link dari teman, jangan klik jika merasa tautan tersebut mencurigakan.

3. Selalu Log Out
Jika tidak membuka akun media sosial sebaiknya langsung log out atau keluar terutama jika menggunakan komputer bersama. Jika lupa atau tidak yakin sudah log out, pengguna bisa keluar dari jarak jauh melalui pengaturan keamanan di fitur Setting.

Pilih opsi "di mana Anda masuk" dan klik "keluar" untuk log out dari Facebook di perangkat yang tidak dipakai.

× Image