Home > Iptek

Apakah Anak Kembar Punya Sidik Jari yang Sama?

Anak kembar memiliki genetika yang sama tetapi memiliki sidik jari yang berbeda.
Anak kembar. Apakah anak kembar memiliki sidik jari yang sama juga? Foto: Dok Republika
Anak kembar. Apakah anak kembar memiliki sidik jari yang sama juga? Foto: Dok Republika

REPUBLIKA KIDS -- Hai Kids... Anak kembar biasanya memiliki kemiripan nyaris sempurna dari segi fisik. Baik bentuk wajah, rambut, mata, kulit, hingga tinggi badan. Namun, apakah anak kembar juga punya sidik jari yang sama?

Dinukil dari situs Kemenkes, sidik jari merupakan pola tonjolan di ujung jari manusia, fungsinya untuk memberikan gaya gesek yang lebih besar agar jari dapat memegang benda-benda dengan lebih erat.

Ada empat pola dasar sidik jari yang perlu diketahui, yaitu whorl atau swirl, arch, loop dan triradius. Selain itu hanyalah variasi dari kombinasi keempat pola ini.

BACA JUGA: Doa Agar Bayi tidak Rewel dan Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Sidik jari terbentuk di dalam kandungan ketika janin berusia 13-19 minggu yang sepenuhnya terbentuk di usia sekitar 7 bulan kehamilan. Sidik jari memiliki sifat permanen atau tidak berubah sepanjang hidup manusia kecuali karena adanya penyakit, perlukaan maupun pembusukan setelah kematian.

Namun jika terjadi perlukaan kecil pada ujung jari maka ketika luka mengalami penyembuhan, maka sidik jari akan dapat tumbuh kembali sesuai pola awal. Sidik jari secara rutin digunakan untuk proses identifikasi oleh ilmu forensik dan unit identifikasi karena setiap manusia memiliki sidik jari yang berbeda.

BACA JUGA: Berapa Dalam Lautan?

Dengan adanya peningkatan angka kelahiran anak kembar setiap tahunnya seperti yang dipublikasikan dalam Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, apakah sidik jari tetap dapat digunakan sebagai salah satu teknik identifikasi pada anak kembar?

Ada dua jenis kembar, identik dan fraternal....

× Image