Home > Iptek

Berapa Dalam Lautan?

Titik terdalam di lautan ada di Palung Mariana yang mencapai 11 km.
Lautan. Seberapa dalam lautan itu?
Lautan. Seberapa dalam lautan itu?

REPUBLIKA KIDS -- Hai Kids... Bumi mayoritas adalah lautan, di mana 71 persen permukaan bumi merupakan lautan dan sisanya adalah daratan. Lautan di Bumi memiliki lima cekungan utama samudra yakni Pasifik, Atlantik, Hindia, Arktik dan Samudra Antartika, di mana seluruh samudra merupakan ekosistem terbesar di Bumi yang mengandung hingga 97% air di bumi. Pertanyaan yang sering muncul adalah seberapa dalam lautan di Bumi?

Dinukil dari situs UNESCO dan Natural History Museum, UK, pada 2010 dilakukan perhitungan kedalaman laut menggunakan pengukuran satelit. Saat itu didapatkan angka kedalaman rata-rata adalah 3.682 meter.

Sementara titik terdalam lautan adalah Challanger Deep di Palung Mariana yang terletak di Samudra Pasifik. Kedalamam Callanger Deep di Palung Mariana diperkirakan sedalam 11 kilometer, di mana itu melebihi ketinggian Gunung Everest.

BACA JUGA: Lebih Banyak Ikan di Laut atau Bintang di Langit?

Berikut kedalaman 5 samudra di Bumi:

1. Cekungan Samudra Pasifik

Cekungan Samudra Pasifik merupakan yang terdalam dan terbesar di Bumi di mana mencakup hampir 30 persen permukaan dan kira-kira 46% permukaan air dengan luas 165.250.000 km persegi. Kedalaman rata-rata dari cekungan ini adalah 4.280 m. Batas lintang terbesar Samudra Pasifik sekitar 19.000 km yang terletak di antara pantai Kolombia dan Semenanjung Melayu.

2. Cekungan Samudera Atlantik

Rata-rata kedalaman dari cekungan Samudra Atlantik adalah 3.338 m, sementara lebar sangat fluktuatif dari utara ke selatan mulai dari 4.830 km antara Amerika Utara dan Afrika Utara hingga 2.848 km antara Brazil dan Liberia.

Masih ada tiga cekungan di Bumi...

× Image