Home > Sekolah

Peringati Isra Miraj Nabi Muhammad, TK Islam Nuryakin Gelar Kegiatan Mendongeng

Membacakan dongeng kepada anak ternyata memiliki manfaat besar bagi perkembangan psikologis anak.
Mendongeng. Pendongeng Kak Dikar mendongeng di hadapan anak-anak TK Islam Nuryakin, Rabu (7/2/2024). Foto: Republika Kids
Mendongeng. Pendongeng Kak Dikar mendongeng di hadapan anak-anak TK Islam Nuryakin, Rabu (7/2/2024). Foto: Republika Kids

REPUBLIKA KIDS -- Hai Kids... Suara tawa siswa TK Islam Nuryakin renyah terdengar saat Kak Dikar Kardiman tampil mendongeng di acara Isra Miraj Nabi Muhammad Shallahu Alahi Wassalam. Mendongeng menjadi salah satu metode menyampaikan pesan dan hikmah dalam perjalanan spritual Isra dan Miraj Nabi Muhammad.

Kak Dikar tampil bersama boneka bernama Monka, Rabu 7 Februari 2024 berkisah tentang hikmah di balik Isra Miraj. "Amalan dalam Isra Miraj kepada Allah selain sholat lima waktu adalah dzikir dan istighfar," kata Kak Dikar.

Dengan beristighfar kepada Allah, kata Kak Dikar, manusia akan kembali bersih. "Insha Allah hati dengan beristigfar akan kembali bersih."

BACA JUGA: Berapa Dalam Lautan?

Dalam perbincangan santai dengan Republika Kids, Kak Dikar yang juga berprofesi sebagai guru kesenian tersebut berpendapat, mendongeng merupakan cara mudah bercerita kepada anak-anak. Karena itu, dia mengaku enjoy menjalani profesinya sebagai seorang pendongeng. "Mendongeng salah satu cara menyampaikan literasi kepada anak-anak," kata Kak Dikar.

Perayaan Isra Mi'raj yang digelar TK Islam Nuryakin bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai ibadah dan ketauhidan kepada anak-anak sejak usia dini. Tujuannya menurut Kepala Sekolah TK Islam Nuryakin, Umi, adalah sebagai pondasi awal anak-anak mencintai dan melaksanakan ajaran agamanya.

"Mengenalkan hari-hari besar agama dan hikmahnya, sehingga anak dapat lebih memahami dan mengenal hari-hari besar agama yang dianutnya," kata Umi kepada Republika Kids.

BACA JUGA: Lebih Banyak Ikan di Laut atau Bintang di Langit?

Umi bertutur, dipilihnya motode mendongeng agar lebih menarik minat para siswa. Selain itu pesan moral yang disampaikan dapat tersampaikan dengan mudah dan dapat dipahami oleh anak.

"Metode ini juga dipilih karena merupakan metode yang disukai oleh anak, terutama anak usia dini," ucap Umi.

BACA JUGA: Doa Agar Anak Terhindar dari Bullying Seperti di SMA Binus Serpong yang Diduga Libatkan Anak Vincent Rompies

Menurut Umi, metode mendongeng sangat bagus dan menarik karena anak lebih mudah untuk menerima dan memahami pesan moral yang disampaikan. Lewat mendongeng, kata Umi, juga akan terjalin komunikasi dua arah antara pendongeng dengan anak.

"Karena anak terlihat aktif mengikuti kegiatan tersebut ditambah dengan aksesoris-aksesoris yang digunakan menambah antusias anak mengikuti kegiatan," ucap dia.

Manfaat mendongeng untuk anak-anak sangat besar...

× Image