Home > Sekolah

Tips Melawan Bullying Seperti di SMA Binus Serpong yang Diduga Dilakukan Genk Anak Vincent Rompies

Cara melawan bullying dengan mengadu, melapor, atau secara spontan melawan dengan fisik.
Bullying ilustrasi. Orang tua dan pihak sekolah perlu memberikan edukasi ketika menjadi korban bullying.
Bullying ilustrasi. Orang tua dan pihak sekolah perlu memberikan edukasi ketika menjadi korban bullying.

REPUBLIKA KIDS -- Hai Kids... Kasus bullying di sekolah tak ada habisnya, terbaru pembullyian di SMA Binus Serpong yang diduga melibatkan anak presenter kondang Vincent Rompies. Korban dianiaya dan disiksa oleh rekan-rekannya yang diklaim sebagai perploncoan untuk masuk geng. Psikolog Sani Budiantini Hermawan berpendapat, orang tua dan pihak sekolah perlu memberikan edukasi ketika menjadi korban bullying.

Sani mengatakan, reaksi melawan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Misalnya mengadu, melapor, atau secara spontan melawan dengan fisik.

BACA JUGA: Tips Memilih Hijab untuk Ibu-Ibu Agar Nyaman Dipakai Seharian

Selain itu menurut Sani, anak bisa belajar bela diri sebagai bentuk membangun kepercayaan diri mereka. Namun hal yang penting, anak perlu mengetahui seperti apa bentuk perundungan. Sebab perudungan ini bukan hanya bersifat kekerasan fisik, tetapi juga hal lainnya.

“Misalnya dikata-katain, diancam, jadi bukan akhirnya hanya fisik, tapi mengenal bullying dalam bentuk apa pun,” kata Sani, seperti dinukil dari Republika.

BACA JUGA: Doa Agar Anak Terhindar dari Bullying Seperti di SMA Binus Serpong yang Diduga Libatkan Anak Vincent Rompies

Orang tua anak juga bisa memberi masukan termasuk melapor ke guru dan sekolah agar membantu menanganinya. Sebelum terjadi kekerasan fisik, bisa saja tanda-tanda perundungan lain yang harus diwaspadai terlebih dulu adalah lewat kekerasan verbal.

Bullying juga menjadi peringatan bagi banyak orang tua. Hal pertama, memang orang tua harus mengetahui lingkungan anak, di mana dia bermain, pergaulan atau pertemanan, hingga kegiatan yang mereka lakukan.

Selain itu orang tua juga wajib memperhatikan permasalahan pada anak-anak. Orang tua bisa menjadi teman bercerita untuk anak, sehingga hindari membuat takut anak untuk bercerita dengang penghakiman, ataupun memberikan reaksi negatif terhadap mereka.

Dalam Islam diajarkan doa agar terhindar dari bullying, yakni...

× Image