Home > Trend

Waspada, Anak-Anak Juga Bisa Kena Darah Tinggi, Ternyata Ini Penyebabnya

Anak-anak yang mengalami obesitas memiliki kecenderungan mengalami hipertensi.
Anak-Anak terkena hipertensi.
Anak-Anak terkena hipertensi.

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Penyakit tekanan darah tinggi tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Alasan anak-anak terkena hipertensi karena beberapa faktor, mulai keturunan hingga obesitas.

"Kalau faktor risiko pada anak itu keturunan misalnya kalau ada keluarganya sakit hipertensi, biasanya itu pada anak-anaknya atau keturunannya bisa, bisa iya bisa tidak. Tapi bisa terjadi hipertensi," kata anggota Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr. dr. Heru Muryawan Sp.A(K) dalam seminar media yang diikuti daring, Selasa (5/2/2024).

Heru mengatakan anak-anak yang memiliki riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi berisiko mengalami kondisi serupa. Selain itu, penyakit jantung bawaan, kurangnya aktivitas fisik, dan konsumsi garam, lemak, serta gula berlebihan juga dapat memicu hipertensi pada anak.

BACA JUGA: Tips Menjaga Kebersihan Botol dan Dot Bayi Agar Bebas Bakteri

Anak-anak yang mengalami obesitas, menurut Heru, memiliki kecenderungan mengalami hipertensi. Begitu juga dengan anak berat lahir rendah yang kemudian diberi makanan berlebihan, hal ini dapat meningkatkan risiko hipertensi pada usia dini.

"Jadi waspada apabila ada risiko yaitu ada obesitas, ada riwayat keluarga, ada berat lahir rendah ini harus waspada," pesan dia.

BACA JUGA: Jika Bulan Hancur, Bagaimana Nasib Bumi?

Penyebab hipertensi pada anak adalah....

× Image