Home > Trend

Dokter: Tempe Makanan Super untuk Kesehatan Otak dan Cegah Stunting pada Anak

Tempe memiliki kandungan prebiotik dan probiotik, sehingga menjadi makanan super bagi tubuh.
Tempe. Tempe disebut sebagai makanan super karena mengandung banyak manfaat.
Tempe. Tempe disebut sebagai makanan super karena mengandung banyak manfaat.

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Sering dipandang sebelah mata, ternyata tempe adalah makanan super yang punya banyak manfaat. Di antara manfaat dari tempe adalah untuk kesehatan otak dan mencegah stunting.

Menurut praktisi kesehatan kerja dan industri nutrisi Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, kandungan prebiotik dan probiotik dalam tempe menjadikan olahan kedelai tersebut dianggap sebagai makanan super. "Peran tempe ini baik banget, karena selain bisa menjadi prebiotik, juga ada fermented-nya bisa jadi probiotik sekaligus atau simbiotik dan ini jadi pangan fungsional yang lagi ngetren sekarang ya," ujar lulusan S3 Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, seperti dinukil dari Antara.

Ray menjelaskan makanan yang difermentasi berguna untuk memfasilitasi koloni bakteri baik atau yang dikenal sebagai probiotik untuk memperbanyak diri. Bakteri baik tersebut kemudian akan mengumpulkan zat-zat aktif yang bisa dipakai untuk makanan otak.

BACA JUGA: Awas, Radang Tenggorokan Bisa Tertular Lewat Udara, Kenali Gejala-Gejalanya

Sedangkan prebiotik merupakan asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik tersebut. Tempe memiliki keduanya sekaligus, prebiotik dan probiotik, sehingga menjadi makanan super bagi tubuh.

"Tentu saja kita harus mengedukasi supaya jangan digoreng semua karena nanti habis (nutrisinya), dibikin tempe bacem itu bagus banget karena ternyata simbiotik atau prebiotik dan probiotik yang ada di tempe itu bisa tetap esensial," katanya.

Tempe adalah makanan yang sudah dikenali sistem pencernaan masyarakat Indonesia karena adanya habit genetic. Sebab, tempe sudah dikonsumsi oleh masyarakat sejak jaman nenek moyang dan diturunkan terus-menerus.

BACA JUGA: Psikolog Bagikan Tips Agar Anak Bebas dari Kecanduan Game Online

Penyerapan nutrisi tempe juga disebut tak memerlukan adaptasi sehingga dianggap tidak mendatangkan alergi. "Sistem pencernaan si kecil enggak akan butuh waktu untuk melakukan adaptasi, langsung cerna makanya disebut sebagai functional food. Tempe itu hebatnya adalah dia menjadi makanan fungsional lokal yang bisa langsung diserap tanpa ada ada adaptasi," kata medical science director Danone Indonesia itu.

Tempe juga bisa mencegah stunting,,,

× Image