Home > Trend

Menyerahkan Pengasuhan Anak kepada Kakek-Nenek atau ART Pengaruhi Kesehatan Mental Anak

Orang tua mestinya membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan anak, secara fisik maupun emosi.
Mengasuh Anak. Menyerahkan pengasuhan anak kepada orang lain dinilai sebagai bentuk abai orang tua kepada anak-anaknya. Sumber:Republika
Mengasuh Anak. Menyerahkan pengasuhan anak kepada orang lain dinilai sebagai bentuk abai orang tua kepada anak-anaknya. Sumber:Republika

KIDNEWS.ID, Hai Kids... Saat ini tidak sedikit orang tua yang menitipkan anak-anaknya ke orang lain seperti kakek-nenek, paman-bibi, atau bahkan asisten rumah tangga. Fenomena menyerahkan pengasuhan anak kepada orang lain menurut pemerhati anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo S Psi, akan berpengaruh kepada kesehatan mental anak.

"Jadi pendelegasian untuk mengasuh anak dan mendidik anak itu diserahkan kepada orang lain," kata Vera seperti dinukil dari Antara.

Psikolog klinis anak dan remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia itu berpendapat semua itu bisa disebabkan orang tua memiliki sikap abai. "Gangguan kesehatan mental diawali dengan anak berpikir bahwa dirinya sendiri tidak bisa dipahami dan tidak bisa dimengerti oleh orang tuanya," kata Vera.

Menurut Vera, orang tua mestinya sejak dini membiasakan diri untuk memenuhi kebutuhan anak, secara fisik maupun emosi, dengan berkomunikasi di dalam pengasuhan. Mengawali komunikasi dengan anak itu, kata Vera, bisa dengan menanyakan, 'apakah kamu memiliki kesulitan? Kalau ada ayo kita cari solusinya'.

Vera mengatakan orang tua yang abai, tidak siap menjadi orang tua, dan tidak paham tumbuh-kembang anak, menjadi salah satu tantangan menggapai target menjaga kesehatan mental anak dan remaja untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image