Home > Trend

Dampak Buruk Terlalu Sering Main HP untuk Anak: Mata Kering dan Rusak

Frekuensi dan kelengkapan berkedip berkurang saat mata fokus menatap layar.
Anak kecanduan main HP Sumber:Republika
Anak kecanduan main HP Sumber:Republika

KIDNEWS.ID -- Hai Kids... Tidak sedikit anak-anak yang mengalami gangguan mata karena terlalu lama menatap layar. Dokter spesialis mata dari JEC Eye Hospitals and Clinics Niluh Archi mengatakan frekuensi dan kelengkapan berkedip berkurang saat mata fokus menatap layar.

Dia mengatakan, terlalu lama menatap layar bisa menyebabkan mata kering pada anak. "Kondisi ini dapat meningkatkan kekeringan permukaan mata, yang seiring waktu berpotensi memulai siklus mata kering," kata dia dalam gelar wicara untuk memperingati Bulan Kesadaran Mata Kering yang diikuti via daring dari Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Dokter Niluh Archi, yang akrab disapa Manda itu menjelaskan mata kering adalah kelainan multifaktorial pada permukaan mata yang ditandai dengan hilangnya keseimbangan komponen air mata. Selain itu, mata kering juga terjadi karena ketidakstabilan air mata, peningkatan kekentalan atau osmolaritas air mata. "Dan kerusakan atau peradangan pada permukaan mata," kata dia.

Menurut dokter mata lulusan Universitas Indonesia itu, gejala mata kering umumnya berupa rasa tidak nyaman. Contohnya seperti mengganjal pada mata; mata sering merah, berair, dan terasa kering; mata terasa berpasir; munculnya kotoran pada mata; mata terasa lengket. "Serta sering muncul keinginan untuk mengucek mata," ujar Manda.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image