Home > Sekolah

Apa Itu Clash of Champions yang Sedot Perhatian Banyak Orang?

Clash of Champions adalah game show yang mempertemukan sejumlah mahasiswa cerdas dari belasan universitas ternama di Indonesia.
Clash of Champions 2024 Sumber:Tangkapan Layar
Clash of Champions 2024 Sumber:Tangkapan Layar

KIDNEWS.ID, Hai Kids... Clash of Champions yang digagas Ruang Guru sukses besar setelah mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. Program dengan format game show tersebut mendapatkan jutaan penonton usai tayang di YouTube. Lalu sebenarnya apa itu Clash of Champions?

Clash of Champions adalah game show yang mempertemukan sejumlah mahasiswa cerdas dari belasan universitas ternama di Indonesia. Mereka berkumpul untuk mengikuti kompetisi adu kecerdasan. Puluhan peserta terpilih dari kalangan mahasiswa itu bergabung karena memiliki kecerdasan yang terbukti dari segudang prestasi selama sekolah.

Musim pertama Clash of Champions menampilkan 40 mahasiswa dari 14 universitas di Indonesia, mulai dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Airlangga, hingga Universitas Gadjah Mada. Peserta yang terpilih berasal dari program studi berbeda, tetapi semuanya unya prestasi masing-masing selama menempuh pendidikan hingga kini berkuliah.

Mereka lalu berkompetisi dengan mengikuti adu kecerdasan dengan bertanding secara individu dan kelompok. Mereka bertanding agar lolos dari eliminasi hingga nantinya menjadi pemenang.

Tantangan yang diberikan dalam adu kecerdasan Clash of Champions adalah menguji kemampuan peserta dalam bidang matematika, deduksi, hingga hafalan. Peserta juga dituntut untuk saling adu strategi, terutama ketika menyelesaikan soal yang diberikan.

Contohnya adalah pada episode pertama yang berjudul Extreme Addition. Di episode itu para peserta ditantang mengerjakan perhitungan dengan angka rumit dan dalam jumlah besar. Setiap peserta bersaing secara individu dan harus menyelesaikan misi secepatnya agar bisa lolos babak berikutnya. Episode tersebut berakhir dengan 10 peserta harus tereliminasi.

Di episode kedua berjudul Shuffle & Recall, 10 mahasiswa Indonesia dari kampus ternama di luar negeri tiba-tiba bergabung. Mereka ikut bersaing dengan 30 peserta lain pada episode 2 dan episode-episode Clash of Champions berikutnya.

Clash of Champions tayang setiap Sabtu dan Ahad pukul 18.30 WIB di aplikasi Ruangguru dan channel Youtube Ruangguru. Potongan video ketika peserta menjawab pertanyaan ramai di media sosial seperti Instagram dan TikTok. Masyarakat pun menilai positif Clash of Champions.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image