Home > Iptek

Berapa Jarak Bumi dan Langit?

Bagi astronot yang mengorbit Bumi, jarak ke quotlangitquot hanya beberapa ratus kilometer.
Bumi dan langit. Berapa jarak dari bumi ke langit? Foto: Dok Republika
Bumi dan langit. Berapa jarak dari bumi ke langit? Foto: Dok Republika

REPUBLIKA KIDS -- Hai Kids... Langit dan bumi tak bisa dipisahkan, padahal jarak antara keduanya sangatlah jauh. Dalam Alquran Surah Ar-Rad dijelakan Allah meninggikan langit tanpa tiang di mana Dia bersemayam di atas 'Arsy. Pertanyaan yang terkadang muncul adalah berapa jarak antara Bumi dan langit?

Sebelum mengukur ketinggian langit, kita bedah satu per satu misteri Bumi dan langit. Bumi dikelilingi lapisan gas yang disebut atmosfer, benteng tak terlihat yang melindungi kita dari radiasi berbahaya. Atmosfer juga membantu mengatur suhu planet. Atmosfer tidak memiliki batas yang jelas, melainkan menipis secara bertahap ke angkasa luar.

Para ilmuwan menggunakan konsep Garis Kármán sebagai penanda awal angkasa luar. Batas imajiner ini terletak sekitar 100 kilometer di atas permukaan laut. Di ketinggian ini, molekul udara sudah terlalu jarang untuk mendukung penerbangan pesawat bermesin jet tradisional.

BACA JUGA: Mengapa Langit Berwarna Biru dan Saat Senja Berubah Menjadi

Sementara bagi astronot, "langit" adalah batas tempat teknologi penerbangan konvensional berakhir. Bagi astronot yang mengorbit Bumi, jarak ke "langit" hanya beberapa ratus kilometer, yakni ketinggian tempat Stasiun Luar Angkasa Internasional berada. Dari sana, mereka dapat menyaksikan kelengkungan Bumi yang indah, tanda nyata bahwa Bumi berbentuk bulat bukan datar.

Selain Garis Karman, kita juga perlu melihat dari sudut pandang atau perspektif kosmik. Dari perspektif kosmik, Bumi hanyalah sepenggal kecil dalam keluasan angkasa raya.

BACA JUGA: Lebih Banyak Ikan di Laut atau Bintang di Langit?

Jika kita melangkah lebih jauh ke kosmos, definisi "langit" menjadi semakin kabur. Atmosfer Bumi terus menipis hingga jarak sekitar 10.000 kilometer, meski jejaknya masih bisa dideteksi lebih jauh lagi.

Pada skala galaksi dan alam semesta, Bumi hanyalah setitik kecil seperti butiran debu. Jarak ke bintang terdekat, Proxima Centauri, adalah sekitar 4,24 tahun cahaya. Jika dibandingkan skala galaksi dan alam semesta, skala "langit" Bumi menjadi sangat kecil.

Apakah tinggi dan luas langit bisa diukur?

× Image