Home > Iptek

Kenapa Pesawat Bisa Terbang di Udara?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bagaimana pesawat yang terbuat dari logam bisa terbang dan menjelajah angkasa.

2. Bentuk Sayap

Bentuk sayap pesawat dirancang khusus untuk menghasilkan gaya angkat yang besar. Bagian atas sayap melengkung, sedangkan bagian bawahnya rata. Hal ini menyebabkan aliran udara di atas sayap lebih cepat daripada di bawahnya, sehingga menghasilkan perbedaan tekanan udara yang menghasilkan gaya angkat.

3. Kecepatan

Semakin cepat pesawat bergerak, semakin besar gaya angkat yang dihasilkan. Hal ini karena aliran udara di atas sayap semakin cepat, sehingga perbedaan tekanan udara semakin besar.

4. Berat

Semakin berat pesawat, semakin besar gaya angkat yang dibutuhkan untuk mengangkatnya. Karena itu, pesawat terbuat dari bahan yang ringan, seperti aluminium dan serat karbon.

5. Mesin

Mesin pesawat harus menghasilkan gaya dorong yang cukup untuk mendorong pesawat maju. Mesin jet adalah jenis mesin yang paling umum digunakan pada pesawat terbang.

Seperti kata Albert Einstein, seorang fisikawan ternama, "Terbang adalah cara terbaik untuk merasakan kebebasan."

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

× Image